ACCURATE lambat dapat diatasi dengan (solusi dibawah tidak harus dilanjutkan ke solusi berikutnya jika telah berhasil lebih cepat) :

  1. Non Aktifkan fasilitas “Auto Refresh Data on Tables Mudule” dari menu Setup | Preferences | Miscellaneous.
  2. Perbesar Virtual Memory baik Server maupun Client dari Properties My Computer dibagian Advance, buat Initial / Minimum dan Maximum menjadi 2 kali lipat dari RAM yang digunakan.
  3. Backup data kemudian lakukan Restore backupan data tersebut dengan nama berbeda, kemudian coba akses data tersebut.
  4. Lakukan Repair data dari menu File | Repair dalam kondisi data tidak ada yang sedang terbuka, tentukan alamat data yg akan direpair.
  5. Copy data (.GDB) dari komputer server ke komputer lain yg performancenya juga bagus / performancenya nomor 2 dari server, lalu coba akses dari komputer tersebut, apakah masih lambat ?
  6. Apakah processornya Hypertrading atau Dual Core, ACCURATE belum mendukung processor tersebut. Jadi sebaiknya matikan fungsi Hypertrading dan Dual Core tersebut.
  7. Matikan Startup programs dari MSCONFIG, dari Start menu | Run, ketikkan msconfig lalu ke halaman Startup, klik button Disable All , jika ada program yang dibutuhkan silakan dicentang manual. Setelah itu Restart komputer dan coba kembali. Lakukan baik di server maupun client.
  8. Matikan system Restore di WinXP, dari Control Panel | System, dihalaman System Restore, centang option “Turn off System Restore on all drives” . Lakukan di server maupun client.
  9. Install ulang TCP / IP dan remove Winsock di Server dan Client. Jika anda menggunakan ACCURATE versi 3.2.0.1315 keatas, di alamat program ACCURATE diinstal terdapat document cara Install TCP / IP dan Winsock (biasanya ada di alamat c:\Program Files\cpssoft\Accurate3\server not ready.doc).